Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Aisa Elok Cahyati, Mutmainnah Mutmainnah, Rodiana Putri, Aprilina Pawestri

Abstract


Literasi sains diartikan sebagai kemampuan untuk mengguanakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta.  Literasi sains penting untuk diketahui oleh siswa karena menjadi kunci bagi siswa untuk dapat  meneruskan belajar sains. Literasi sains siswa dalam pembelajaran dapat diterapkan melalui model pembelajaran discovery learning dimana siswa dapat memahami konsep, arti atau dengan temuannya sendiri melalui dengan observasi, klasifikasi dan pengukuran. Tujuan artikel ini ditulis untuk mengathui analisis penerapan model discovery learning terhadap kemampuan litrasi sains siswa. artikel ini ditulis melalui studi library atau studi pustaka jurnal-jurnal yang membahas tentang penerapan model discovery learning terhadap kemampuan literasi sains siswa

Keywords


Literasi Sains; Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Clara Putri Gita, Asyhari Ardian. 2017. Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 6 (2), 87-101.

Hartati Risa. 2016. Peningkatan Aspek Sikap Literasin Sains Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu. EDUSAINS, 8 (1), 90-97.

Inzanah, Ibrahim Muslimin, Widodo Wahono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Melatih Literasi Sains Siswa SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4 (1), 459-467.

Kristin Firosalia. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2 (1), 90-98.

Mustofa Ali, Kuswanti Nur, Hidayati Nurul Siti. 2017. Keefektifan LKS Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. E-Jurnal Pensa, 5 (1), 27-32.

Niswatuzzahro Vivi, Fakhriyah Fina, Rahayu Ratri. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (3), 273-284.

Nofiana Mufida, Julianto Teguh. 2018. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9 (1), 24-35.

Nofiana Mufida, Julianto Teguh. 2017. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Di Kota Purwokerto Ditinjau Dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Sains dan Humaniora, 1 (2), 77-84.

Pertiwi Dian Utami, Atanti Dwik Rina, Ismawati Riva. 2018. Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1 (1), 24-29.

Prabowo Tri Herwidhi, Rusilowati Ani, Wahyuni Siti. 2018. Concept Mastery and Scientific Literacy Capability of Senior High School of I Kudus Students. Physics Communication, 2 (2), 122-129.

Susanti Eva, Jamhari Mohamad, M.Suleman Samsurizal. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Tentang IPA SMP Advent Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3), 36-41.

Yaumi, Wisanti, Admoko Setyo. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. E-Journal Pensa, 9 (1), 38-45.

Zhasda Jhoni, Ramadhan Summarmin, Zulyusri. 2018. Analyis of Biological Science Literacy a Program For International Student Assessment (PISA) Class IX Junior High School Students at Solok Town. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 6 (2), 402-410.




DOI: https://doi.org/10.21107/bpmd.v1i1.28614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aisa Elok Cahyati, Mutmainnah Mutmainnah, Rodiana Putri, Aprilina Pawestri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Buletin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: