Kekeliruan Berpikir pada Iklan Komersial di Kanal Youtube Commercial Break Indonesia
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bentuk kekeliruan berpikir pencipta iklan komersial di kanal Youtube Commercial Break Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk dan makna kekeliruan berpikir pencipta iklan komersial di kanal Youtube Commercial Break Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi, simak, dan transkripsi. Teknik pengumpulan data yaitu menyimak dan dilanjutkan transkrip iklan komersial di kanal Youtube Commercial Break Indonesia. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu bentuk dan makna kekeliruan berpikir penulis iklan komersial di kanal Youtube Commercial Break Indonesia yakni, kekeliruan karena komposisi, kekeliruan karena pembagian, kekeliruan karena tekanan, kekeliruan karena amfiboli, dan kekeliruan karena menggunakan kata dalam beberapa arti. Data yang dihasilkan kemudian diolah dan hasilnya disajikan dalam bentuk deskripsi.
References
Fitria Jalilah Ida dan Qurohman Taufik. 2021. Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen
Produk Smartphone Oppo. Portofolio, 18(1), 26-37.
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/1699/816 (diakses pada 26 Juli 2023)
Marbun Rocky dan Armilius. 2018. Fallacy (Sesat Pikir) Argumentum Ad Verecundiam dalam
Motivering Vonnis (Pertimbangan Hukum). Jurnal Hukum dan Peradilan, 1(2), 327-352.
https://jurnalhukumdanperadilan.org/index.php/jurnalhukumperadilan/article/view/165/177
(diakses pada 26 Juli 2023)
Mundiri. 2014. Logika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Pertiwi Amalia, Jusnita Ayu Erni Raden, dan Maela Farni Syam Nurannafi. 2019. Ramadan dan
Promosional: Strategi Komunikasi Pemasaran PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(1), 1-11. http://journal.unjani.ac.id/index.php/portofolio/article/view/207/94 (diakses pada 26 Juli 2023)
Poespoprodjo, W. 2018. Logika Scientifika. Bandung: CV. Pustaka Grafika.
Rohmadi Yusup dan Waryunnah Irmawati. 2020. Dasar-Dasar Logika. Sukoharjo: Efudepress.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.26517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adellia Ahmadania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.