Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Usaha Aneka Kerupuk Di Desa Siwalan)

Muhammad Jamaluddin, Fathor A.S

Abstract


The purpose of the study was to determine the effect of Advertising, Sales Promotion and of Mouth on purchasing decisions either partially or simultaneously. This research uses quantitative description method. The sampling technique used purposive sampling method, in order to obtain a sample of 96 people and hypothesis testing using multiple linear regression analysis. The conclusion from this research is that advertising partially has a significant effect on purchasing decisions, sales promotions have a significant effect on purchasing decisions, word of mouth partially has a significant effect on purchasing decisions and advertising, purchase promotion and word of mouth simultaneously have a significant effect on purchasing decisions.


Full Text:

PDF

References


Agus, Widarjono. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta : Penerbit UPP STIM YKPN

Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ali Hasan. (2010). Marketing. MedPress. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristo, Stephanus Felix, 2016. Pengaruh produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen woles chips. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No. 4:441

Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Ombak : Yogyakarta.

Chandra, Gregorius., 2002, Strategi dan Program Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.

Djatnika, Tjetjep. 2007. Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ekotama, S.2009. Trik Jitu Promosi Murah Meriah. Yogyakarta: Cemerlang Publising.

Familmaleki, Mahsa, Alireza Aghighi dan Kambiz Hamidi, 2014. Analyzing the Influence of Sales Promotion on Customer Purchasing Behavior. International Journal of Economics & Management Sciences. Vol.4 no.4:1

Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek. Jakarta: Penerbit Qiara Media

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hermawan, Agus 2012, Komunikasi Pemasaran, Penerbit:Erlangga

Kendri dan Ahmad, Saputra, 2018. Pengaruh strategi promosi dan loyalitas pelanggan terhadap keputusan pembelian. Jurnal manajemen bisnis stie ibbi, Vol.30, No.1:46

Kiran, Vasanth, 2012. Innovation in In-Store Promotions: Effects on Consumer Purchase Decision. European Journal of Business and Management, Vol 4, No.9:36.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta. Indeks

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2017. Principles of Management (Global Edition). 17 Editon. New Jersey: Peason Education Limited

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1 dan 2 Edisi tiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Amin dan Y. Sutomo, 2018. Pricing Strategies and Implementation Promotion Strategies to Improve Customer Loyalty. Jurnal Dinamika Manajemen, vol. 9 no 1:92

Kurniawan, Edi, 2017.Analisis Pelaksanaan Promosi Pada Industri Kecil Keripik Mai Satun-Dumai. Jom Fisip Vol. 4 No. 2:1

Lestari, Putri dan Muchammad, Saifuddin, 2020. Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid'19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), Vol. 3, No.2:23

Mandey, Jilly Bernadette, 2013. Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian rokok surya promild. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4: 97

Martha, Randy evri, Susi evanita dan Dina patrisia, 2018. The influene of promotion mix towards purchasing decision of indihome product in telkom region of padang city. Advances In Ekonomics, Business And Management Research vol. 64 No.2:686

Paputungan, Putri Rizkia, Agus. S. Soegoto dan Ferdy Roring, 2018. Pengaruh Promosi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Oriflame Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.4:3703-3712

Parlina, Lanni dan Putu Nina Madiawati, 2016. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Kedai Ice Cream Lick Over Lips (Lol) Bandung. e-Proceeding of Management, Vol.3, No.3:3586

Pasaribu, Ruth F. A., Ira Lestari Sianipar dan Yona F. Siagian, Vier Sartika, 2019. Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk soyjoy pt. Amerta indah otsuka kota medan. Jurnal Manajemen, Vol. 5, No. 1:45.

Peter, J. Paul & Olson, Jerry 2013, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9. Penerbit: Salemba Empati

Prasetyo, Antoni dan Aniek Wahyuati, 2016. Pengaruh strategi promosi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada kopiganes. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 5 No 1:2

Rahayu, Novi Yanti, I Gde Made Metera dan Ni Putu Sri Wati. 2019. Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, Dan Penjualan Perseorangan Terhadap Kepuasan Konsumen Dari Produk Lpp Rri Singaraja. Widya Amerta Jurnal Manajemen Fak. Ekonomi, Vol. 6 No. 1:90

Rani, 2019. Pengaruh kualitas produk dan strategi promosi terhadap keputusan membeli cactus flower di jakarta selatan. Jurnal Manajemen, Vol 9 No 1:56

Schiffman, Leon G., dan Kanuk, Les;ie Lazar. 2009. Perilaku Konsumen. Alih bahasa Zulkifli Kasip. Jakara : PT. Indeks Group Gramedia

Sihaloho, Sri Hartini dan Amrin Mulia Utama, 2016. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Carrefour Citra Garden Medan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 2 No. 2:81

Silaningsih, E dan P, Utami, 2018. Pengaruh marketing mix terhadap minat beli konsumen pada usaha mikro kecil dan menengah (umkm) produk olahan makanan ringan. Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 9, No.2: 145

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sunarto, 2006. Pengantar Manajemen Pemasaran, Cetakan 1. Yogyakarta : Ust. Press.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 3 dan 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Widagdo, Herry, 2017. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Krupuk Kemplang Di Palembang. Jurnal Ilmiah STIE MDP, Vol. 7 No. 1: 44

Widjaja, Andrew Tjenghar, 2016. Pengaruh word of mouth dan electronic word of mouth terhadap purchase intention : sebuah studi kasus mengena. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 53, No.12: 242

Zumri Sulthony, 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Pembentukan Citra Wisata Budaya Berastagi Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol 14 No. 02:110




DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v1i3.13470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.