Analisis Pengaruh Efektivitas Komunikasi dan Budaya Organisasi Dengan Kepuasan Terhadap Kinerja Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada KPRI Manghayu Sejahtera Dinas Perhubungan Kota Surabaya

Indah Putri Permatasari, Anugrahini Irawati

Abstract


Kinerja karyawan menjadi salah satu aspek yang penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan terutama pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini yang dapat menurunkan kinerja perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja seorang karyawan, di antaranya efektivitas komunikasi, budaya organisasi dan kepuasan yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kerja sama antar karyawan di dalam perusahaan. Untuk mencapai kinerja yang baik maka diperlukan komunikasi sebagai media guna mempermudah untuk menyampaikan informasi kepada seluruh karyawan agar sesuai dengan harapan perusahaan dan mampu memberikan kinerja yang terbaik. Dan meningkatkan budaya organisasi agar perilaku organisasi karyawan yang telah terbentuk dalam instansi bisa mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan kepuasan sendiri adalah pendorong tingkatnya kenaikan perusahaan agar karyawan semangat dan kuat untuk bekerja dan dapat bekerja sama dengan baik antar karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah 36 responden. Hipotesis penelitian ini adalah (1) efektivitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (2) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (3) efektivitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan (4) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan (5) efektivitas komunikasi dan budaya organisasi berpengaruh positif melainkan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan (6) efektivitas komunikasi dan budaya organisasi berpengaruh positif melainkan efektivitas komunikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Adapun berdasarkan perhitungan analisis jalur bahwa (1) efektivitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai pengaruh 2,156 (2) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai pengaruh 1,971 (3) efektivitas komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilai 5,191 (4) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan nilai pengaruh 6,140 (5) efektivitas komunikasi dan budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan sebagai variabel intervening dengan nilai pengaruh 0,403 dan 0,103 (6) efektivitas komunikasi dan budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan dengan nilai pengaruh 0,068 dan 0,654.

Full Text:

PDF

References


Arianty, Nel. 2014. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Mebis.Vol 14 No.02. Hal 145-147.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProSpsss. Cet.4. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lina, Dewi. 2014. Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Sistem Reward Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol 14 No 01. Hal 80-86.

Mangkunegara. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Okta, Dimas Ardiansyah. 2016. Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Dimediasi oleh Kepuasan Kerja (Studi pada bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 3 No. 1, Januari. Hal 28.

Retno. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan PT. Padasa Enam Utama Kalianta Satu Kabun Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakkultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma.

Robbins, Stephen. P, et al (2006). Perilaku Organisasi (terj. Bernjamin M). Edisi 10. PT Indeks : Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Alfabeta. Hal.96-97.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta,CV. Hal 42-94.

Tyas, Ucha Clarissha. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja Karyawan sebagai Variabel Intervening Bagian Logistik pada PT. Samudera Indonesia, Tbk. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Yudhaningsih, Resi. 2011. Peningkatan Efektivitas Kerja Melalui Komitmen, Perubahan dan Budaya Organisasi. Jurnal Pengembangan Humanlora. Vol. 11 No.1. Hal. 41-47.




DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v2i3.16215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.