The Role Of Gesture In Children Memorize

Lita Anasthasia Anggraeni

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh gerakan terhadap daya ingat anak, bagaimana anak dapat menghafal hafalan dan beberapa bahasa melalui gerakan. Penelitian ini menggunakan perspektif psikolinguistik untuk mendapatkan informasi tentang memori. Penelitian ini mengambil data dari adik perempuan peneliti yang berusia dua belas tahun. Dari data yang telah dianalisis menunjukkan bahwa gerakan ikonik memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap daya ingat anak. Seperti adik peneliti, ia dapat dengan cepat menghafal beberapa kalimat dalam terjemahan bahasa Indonesia dari Surat Al-Ikhlas dan bahkan dapat mengingatnya untuk waktu yang sangat lama. Ini adalah cara mudah bagi anak-anak untuk belajar menghafal sesuatu.

 

Kata kunci: Daya Ingat Anak, Perspektif Psikolinguistik, dan Gerakan Ikonik

 


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Feyereisen, P., and de Lannoy, J.-D. (1991). Gestures and Speech: Psychological Investigations. New York, NY: Cambridge University Press.

Fairuzillah, M. N., & Listiana, A. (2021). The Positive Impact of Memorizing the Qur’an on Cognitive Intelligence of Children. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 334–338. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.071

Halili, M. (2017). Gestures as a Concrete Paving for Children Language Development. ICON LATERALS 2017 (International Conference on Language, Literature, and Cultural Studies): Promoting Creative Literacy in Digital Age, 2017, 1–7.

Indrayani, N. (2016). Language Development at Early Childhood. International Conference on Education (IECO) Proceeding, 1(July), 279–289.




DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v1i1.25714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.