STRATEGI BISNIS CAFE DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG DITINJAU PERSPEKTIF SYARIAH MARKETING MIX (Studi Pada Cafe Sekitar Universitas Trunojoyo Madura)

Halimatus Sakdiyah, Abdur Rohman

Abstract


Dalam menjalankan bisnis diperlukan strategi untuk dapat menjalankan bisnisnya dan bertahan di tengah persaingan dalam dunia bisnis. Salah satu strategi yang harus dipakai suatu perusahaan atau pembisnis cafe  adalah strategi untuk membangun dan meningkatkan konsumen. Bisnis saat ini mengalami perkembangan di tengah masyarakat, dimana cafe kini telah menjadi bagian dari sebuah kebisaan atau gaya hidup kelompok individu. Karena pada strategi ini dapat memberikan dampak positif kepada sebuah perusahaan, salah satu bentuk persaingan adalah dalam bentuk penggunaan strateginya yang tidak bisa dihindari oleh pembisnis cafe seperti Produk, Pelayanan, Tempat, Harga dan lainnya.

                   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pemilik cafe sekitar kampus Universitas Trunojoyo Madura. Bentuk persaingan bisnis yang dilakukan oleh pemilik cafe sekitar kampus Universitas Trunojoyo Madura. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskripsi kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.

                   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persaingan mengenai produk para pemilik cafe memahami sacara ‘mendetail setiap produk yang dimiliki. Persaingan harga yang terjadi pada pemilik bisnis cafe sekitar Universitas Trunojoyo Madura suatu hal yang wajar terjadi. Dan persaingan tempat pada para pemilik bisnis cafe terjadi karena pada dasarnya ‘mereka mengatakan bahwa rejeki sudah ada yang mengatur. Pelayanan para pemilik cafe bisnis sudah cukup baik. Penerapan 9P secara umum sudah terlaksana dengan baik, namun  untuk semua komponen bauran pemasaran tidak semuanya terlaksana dengan efektif, dalam persaingan yang terjadi pada pemilik bisnis cafe sudah sesuai dengan etika bisnis Islam atau bauran pemasarannya selaras dengan prinsip bisnis Islam.

Kunci: Strategi, Cafe, Bauran Pemasaran, Syariah Marketing Mix.

 


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari & Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah ,Bandung: Alfabeta, 2014.

Aziz, Abdul, Etika Bisnis Perspektif Islam Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha, Bandung: Alfabeta, 2013.

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Abdullah, H. Boedi, dkk, Metode Penelitian Ekonomi Islam Muamalah, Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Abdurrahman, Nana Herdiana, Manajemen Bisnis Syariah & Kewirausahaan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2013.

Abdul Majid, Suharto, Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Djamil, Faturrahman, Hukum Ekonomi Islam, Jakarta: Sinar Grafika,2013.

Emzir, Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Hasan Ali, Marketing Bank Syariah, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Herdiansyah, Haris, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Salemba Humanika, 2012.

Heryani, Suryani, Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, Cet. Ke-1 Jakarta: Prenada Media Group, 2015.

Karin, Roger A dan Robert A. Peterson. Pemasaran Strategi: Kasus dan Komentar Jilid 1. Jakarta: Indeks. 2015.

Leksono, Sonny, Peneltian Kualitatif Ilmu Ekonomi, Cet Ket-I, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Moleong, Lexy J., Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Margono. S. Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK, Cet. Ke-8, 1, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Muhammad, Etika Bisnis Islami, Yogyakarta: UPP-AMP YKPN, 2002.

Nazir, Moh. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, cet. Ket-9 (Bandung: Tarsito, 2001.

Septiadi Aldila , Analisis perilaku Konsumen Teori dan Praktik dalam Bidang Pemasaran, Kamal Bangkalan UTMPRES 2015.

Saladin, Djalim, Manajemen Pemasaran Bank, Jakarta: CV Rajawali, 1994.

Sukirno, Sadono, dkk. Pengantar bisnis, Jakarta: Predana Media, 2004. Suryani dan Heryani, Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, cet. Ke-1, Jakarta: Prenada Media Group, 2015.

Sugiono, Metodelogi Penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D, Bandung: Alfabeta, 2015.

Surakhmad, Winarno,Pengantar Penelitian Ilmiah, cet. Ket-9 Bandung: Tarsito, 2001

Sukmadinata Nana Syaodih, Metode Penelitian, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Priansa, Donni Juni, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2017.

Ruslan Rasady, Metode Penelitian Public Relations & Komunikasi, Cet- 14, Jakarta : PT Persada, 2008.

Rivai, Veithzal , Amiur Nuruddin, dan Faisar Ananda Arfa, Islamic Business And Economic Ethics, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Tyiptono,Fandy, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: CV. Andi, 2007.

Usman, Abdul Halim, Manajemen Strategi Syariah Teori, Konsep & Aplikasi, Jakarta Timur: Zikrul Halim, 2015.

Wibowo, Lili Adi & Donni Juni Priansa, Manajemen Komunikasi Dan Pemasaran, Bandung: Alfabeta, 2017

Wawancara Langsung, Bapak Riyan Owner Cafe Abell tanggal 13 Desember 2019.

Wawancara Langsung, Ibu Reni Adik Pemilik dari Cafe Oriz tanggal 9 Januari 2020.

Wawanacar Langsung, Mutammamik Konsumen Dari Café Abell 7 Juli 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.