PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UNIT BISNIS COMMERCIAL BANKING BANK Y SURABAYA

Dyike Adella Ramdhani, Ahmad Rizki Sridadi

Abstract


Persaingan dunia bisnis semakin ketat sehingga sumber daya manusia sebagai sumber penting yang dimiliki perusahaan perlu dimanfaatkan dan dikelola secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuannya. Tetapi, rata-rata pencapaian kinerja karyawan selama tahun 2018 hanya 87% dari target yang ditentukan. Seiring dengan perubahan yang terjadi, perusahaan melakukan upaya-upaya untuk mengkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan beberapa variabel sebagai anteseden untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pertama, karakteristik pekerjaan yang mengacu pada isi dan sifat dasar dari pekerjaan. Kedua, karakteristik individu yang mengacu pada kompetensi, komitmen, organizational citizenship behavior dan pengalam kerja. Ketiga, motivasi kerja digunakan sebagai variabel mediasi karena dianggap dapat mendorong kinerja karyawan yang lebih baik karena dapat mendorong faktor-faktor di dalam karakteristik pekerjaan yang cocok dengan karakteristik individu, maka karyawan tersebut akan termotivasi dan meningkatkan kinerja karyawan. Objek penelitian ini adalah karyawan tetap unit bisnis commercial banking bank Y. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis SEM-PLS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan dan karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja sebagai variabel mediasi. Motivasi kerja memiliki efek mediasi parsial terhadap kinerja karyawan. Arah pengaruh dari variabel ini juga positif, yang artinya bahwa semakin tinggi tingkat kesesuaian karakteristik pekerjaan dan karakteristik individu karyawan maka akan meningkatkan kinerja karyawan


Keywords


kinerja karyawan; motivasi kerja; karakteristik pekerjaan; karakteristik individu

Full Text:

PDF

References


Aguinis, Herman. 2009. Performance Management 2nd Edition. New Jersey: Pearson Education.

Berry, Lilly M., and John P. Houston. 1993. Psychology At Work. USA: Brown & Benchmark.

Cloud, Henry. 2007. Integritas : Keberanian Memenuhi Tuntutan Kenyataan. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama.

Draft, R. L and Noe. R.A. 2001. Organizational Behaviour, International edition. USA: South-western Publishing.

Deci, E & Ryan, R. 2000. The What and Why of goal persuits: Human Needs and The Self Determination of Behaviour. Psychological Inquiry.

Dwiarta, I Made. 2010. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Peluang Promosi terhadap Turnover intention melalui kepuasan kerja dan komitmen karyawan pada hotel bintang empat di Surabaya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Surabaya.

Efendi, Hariandja, Marihat Tua. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo; Jakarta.

Ferris, D. L., Lian, H., Brown, D. J., Pang, F. X. J., & Keeping, L. M. (2010). Self-Esteem and job performance: the moderating role of selfesteemcontingencies, Personnel Psychology, 63(3), 561-593

Grobelna, Aleksandra. 2018. Effects of individual and job characteristics on hotel contact employees’ work engagement and their performance outcomes: A case study from Poland”, International Journal of Contemporary Hospitality Management.

Gusnetti. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan pada PT Garuda Indonesia. Pekanbaru.

Hackman, J.R and Oldham. 1975. Development of The Job Diagnostic Survey. Journal of applied psychology. 60: 159-170.

Hackman, JR & Oldham. GR 1974. Survei diagnostik pekerjaan: Instrumen untuk diagnosipekerjaan dan evaluasi proyek desain ulang pekerjaan . Departemen Ilmu Administrasi: Universitas Yale.

Hackman J, Oldham G. Motivation through the design of work: test of a theory.Organizational Behaviour and Human Performance 1976; 16(2): 250-79.

Hackman J, Oldham G. Motivation through the design of work: test of a theory.Organizational Behaviour and Human Performance 1976; 16 (2): 250-79.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketigabelas, Edisi Revisi, (PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2009).

Hendryandi. 2015. Karakteristik Pekerjaan (Job Characteristic) Literature Review.

Hertanto. 2019. Motivasi Kerja Karyawan (Herzberg’s Two Factors Motivation Theory)

Herzberg. F., Mausner, B., and Snyderman, B.B. 1959. The Motivation To Work. England. Willey International.

Herzberg, F. 1987. One More Time : How Do You Motivate Employee?. Harvard Business Review. Vol. 65. Issue 5, P109-120.

Johari, Johanim dkk. 2018. Job Characteristic, employee well being, and job performance of public sector employees in Malaysia.

International Journal of Public sector management.

Jawahar. I. M., & Dean, C. 2007. Conscientiousness and contextual performance: The compensatory effects of perceived organizational supportand leader-member exchange. Journal of Managerial Psychology, 22(4), 330-349.

John, O. P., Donahue, E. M., & Kentle, R. L. (1991). The Big-Five Inventory-Version 4a and 54. Berkeley, CA: Berkeley Institute of Personality and Social Research, University of California.

Johnson, W., Jeff, D. E., Emily, H. A., Sarah, M. P., John, Kerri, F. (2008). Modeling the Direct and Indirect Determinants of Different Types ofIndividual Job Performance. United States Army Research Institute for the Behavioral and Social Sciences.

Kahya, E. 2007. The effects of job characteristics and working conditions on job performance. International Journal of IndustrialErgonomics, 37, 515–523.

Kelidbari, Hamid Rezaei. 2016. Therole of ethical leadership on employee performance in Guilan University of medical sciences. 3rd International Conference on New Challenges in Management and Organization: Organizationand Leadership, 2 May 2016, Dubai, UAE.

Kreitner, R & Kinicki, A. 2005. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Listia, Maya. 2019. Analisa Pengaruh Motivasi, Inisiatif, Kompensasi, Pendidikan dan Pelatihan terhadap Rendahnya Kinerja Pemasaran PT Bank BRISYARIAH Tbk Kantor cabang Surabaya Diponegoro. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Surabaya.

Li, C.-H., & Chang, C.-M. (2016). The influence of trust and perceived playfulness on the relationship commitment of hospitality online social network moderating effects of gender. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 28(5), 924–944.

Malthis. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.

Mar’at, Sjaifullah. 1991. Dasar-dasar perilaku organisasi. Jakarta; LP3S.

Mat Ali, dkk. 2014. Hackman and Oldham’s Job Characteristic Model to Job Satisfaction. International Conference on Innovation, Management and Technology Research-Social and Behavioral Sciences 129 (2014) 46-52.

McShane, Steven L., dan Mary Ann Von Glinow. 2010. Organizational Behavior. 4th Edition. New York: McGraw-Hill.

Mehmood, N., Ahmad, U., Irum, S., & Ashfaq, M. (2015). Job Satisfaction, Affective Commitment, and Turnover Intentions among Front Desk Staff: Evidence from Pakistan. International Review of Management and Marketing, 305-309.

Mottaz, C. 1996. Gender Differences in Work Satisfactions, Work Related Rewards and Values and The Determinants of Work Satisfaction. Human Relation 39.

Mukul, A. Z.A., Rayhan, S. J., Hoque, F., dan Islam, F. 2013. Job Characteristics Model Hackaman Oldham in Garment Sector in Bangladesh : A Case study at Savar Area in Dhaka Distric.International Journal of Economics, Finance and Management Services, Vol. 1, No. 4, pp. 185-195.

Gomez-Mejia, Louis R dkk. 2012. Managing Human Resources. USA: Pearson Education, Inc., publishing as Prentice Hall.

Hellriegel, D. Dan Slocum. J. 2011. Perilaku Organisasi, baratdaya (edisi ke 13). Mason, Ohio Thomson. AS: Cengage Learning.

Johnson, M. (2001), “Change in job values during the transition to adulthood”, Work andOccupations, Vol. 28, pp. 315-45.

Kanfer, R. 1991. Teori motivasi dan industri dan psikologi organisasi. Di MD Dunnette & LM Hough (Eds.), Buku Pegangan industri dan organisasipsikologi nasional, vol. 1: 75–170. Palo Alto, CA: Konsultasi Psikolog Pers

Kalleberg, A.L. and Mastekaasa, A. (2001), “Satisfied movers, committed stayers. The impact ofjob mobility on work attitudes in Norway”, Work and Occupations, Vol. 28, pp. 183-209.

Leonidou, LC, Palihawadana, D., & Theodosiou, M. (2006). Model terintegrasi dari dimensi perilaku hubungan pembeli-penjual industri.European Journal of Marketing, 40 (1/2), 145–173.

Pickford, H., & Joy, G. (2016). Organisational Citizenship Behaviours: Definitions and Dimensions. Said Business School Research Paper, 1-13.

Piccolo, Ronald F. 2010. Transformational Leadership and Job Behaviors : The Mediating Role of Core Job Characteristics.Vol. 49, No. 2, 327-340.

Potnuru, RKG, & Sahoo, CK (2016). Intervensi HRD, kompetensi karyawandan kinerja organisasi: Studi empiris. Jurnal EropaPelatihan dan Pengembangan, 40 (5), 345e365 .

Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Index. Jakarta.

Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Shahzad, Kh., Sarmad, M., Abbas, M., & Amanullah Khan, M. (2011). Impact of Emotional Intelligence (EI) On Employees PerformanceIntelecom Sector Of Pakistan. African Journal Of Business Management, 4, 1225-1231.

Shani, A.B. Rami, dan James B. Lau. 2009. Behavior in Organization an Experimental Approach. International Edition. New York: McGraw Hill.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. Teori, Kuesioner Dan Analisis Data SumberDayaManusia, (Yogyakarta: CAPS, 2012).

Spector, PE & Jex, SM (1991). Hubungan karakteristik pekerjaan dari berbagai sumber data dengan karyawan mempengaruhi, ketidakhadiran, niat berpindah dan kesehatan. Jurnal Psikologi Terapan , 76, 46-53.

Tafarodi. R & Swann, W. (1995). Menghubungkan diri dan kompetensi diri sebagai dimensi harga diri global. Validasi awal suatu tindakan. Jurnal Penilaian Kepribadian, 65 (2), 322e342.

Uppal, Nishant. 2017. Uncovering curvilinearity in the organizational tenure-job performance relationship: a moderated mediationmodel of continuance commitment and motivational job characteristics. 22-23

Utomo, Prasetyo Arix. 2012. “Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kinerja Karyawan Marketing Pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Kediri”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Airlangga; Surabaya.

Yang Di, Ren. 2015. Locus of control, psychological empowerment and intrinsic motivation relation to performance", Journal of Managerial Psychology, Vol. 30 Iss 4 pp.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i2.6827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dyike Adella Ramdhani, Ahmad Rizki Sridadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.