PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Dayana Dayana, Muhsinah Annisa, A.Wilda Indra Nanna

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV-B SDN 041 tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK).. Penelitian dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian yaitu lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV-B SDN 041 Tarakan. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (kognitif) 47%, siklus II menjadi 78%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (afektif) 41%, siklus II menjadi 86%. Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa (psikomotorik) 15%, siklus II meningkat secara signifikan menjadi 84%. Maka penelitian dikatakan sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.


Keywords


model pembelajaran discovery learning;audio visual;hasil belajar IPA

References


Annisa, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa PGSD Melalui pembelajaran Berbantuan Internet (E-LEARNING). LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 6(2).

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kasanah & Hakim, (2019) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Fenomena Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas II SDN 4 Kedunggebang Banyuwangi. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Parangibowo. Dimas Rizqi, dkk. 2017. Penerapan model pembelajaran discovery learning dan permainan smart case untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga, Jurnal: Bioedukasi. Volume 10 nomor 1 Halaman: 55-56

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sisdiknas. 2003. Pendidikan nasional. Jakarta: Sistem Pendidikan Nasional

Yupita, Ina Azariya. 2013. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SD. Fakultas ilmu pendidikan negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: