Pengaruh Model Pembelajaran Brainwriting Berbantuan Media Video Animasi “Produk Lokal” Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Ulum Melirang

Azimatus Silvianita, Afiyah Nur Kayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks persuasi sebelum dan setelah penerapan model pembelajarn brainwriting, setelah mengetahui pengaruh model pembelajaran brainwriting berbantuan media video animasi “Produk Lokal” terhadap keterampilan menulis teks persuasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis Quasi Experimental Design dalam bentuk Non-Equivalent Control Design. Proses pengambilam sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan yakni kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Pada uji normalitas diperoleh hasil pretest kelas eksperimen 0,260 < 0,294 dan uji normalitas hasil post-test diperoleh 0,243  <  0,294 sedangkan uji normalitas kelas kontrol pretest diperoleh 0,150 < 0,294 dan hasil post-test diperoleh 0,160 < 0,294, dari perhitungan normalitas dapat dikategorikan berdistribusi normal. Dalam uji homogenitas pretest 1,950 < 2,168 dan uji post-test 1,815 < 2,168 dapat dikategorikan homogen. Hasil uji T diperoleh


Keywords


model pembelajaran brainwriting; video animasi; keterampilan menulis; teks persuasi

Full Text:

PDF

References


Astutik, W., Arifin, M., & Trianto, A. (2019). Perbedaan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Menggunakan Media Audio Visual pada Kelas VIII-A dan yang Menggunakan Media Gambar pada Kelas VIII-B Siswa SMP N 11 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 235–243.

Budiargo, Intan R. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penerapan Strategi Brainwriting Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati Sleman. Skripsi bahasa dan sastra Indonesia. Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalman. (2015). Keterampilan menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Haryadi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing terhadap Kemampuan Mahasiswa Menulis Artikel di Media Massa. Jurnal Bindo Sastra, 3(2), 98–103

Kinasih, S. A. W., Nurbaya, N., & Ansori, A. (2019). Pengaruh Model Brain Writing terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 5 Palembang. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1).

Mulyani, R. dan Syahrul. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 374–382

Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar. Disertasi Prodi Bahasa Jerman. Program Doktoral Universitas Negeri Makassar.

Ramadhan, Rahmat, Kasmansyah, & Zahra Alwi. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Brain Writing terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang.” LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 5(2), 181–192

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syarif, dkk. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v1i2.21340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: