Pengaruh Metode Scramble Wacana Berbantuan Video Animasi "Biografi Bj Habibie" Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kamal

Mokhamad Fauzi, Ayyu Subhi Farahiba

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya keterampilan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kamal. Siswa merasa kesulitan dalam menulis teks biografi dari segi struktur dan kaidah kebahasaan, serta kesulitan merangkai kalimat yang runtut dan efektif. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan metode dan media pembelajaran yang monoton sehingga berdampakpada pemahaman dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode scramble wacana berbatuan video animasi YouTube terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kamal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi EksperimentalDesign dengan desain Nonequivalent Control Group. Data penelitian diperoleh melalui tes menulis teks biografi, angket respons siswa, dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata pretest kelompokkontrol 48,941 dan rata-rata posttest kelompok kontrol 64,912. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen 49,941 dan nilai posttest m kelompok eksperimen78,588. Untuk hasil hipotesis (Uji T) dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh Thitung (11,9076) > Ttabel (2,042) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode scramble wacana berbantuan video animasi YouTube terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kamal.

References


Anggraeny, D. dkk. (2020). Analisis teknologi pembelajaran dalam pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 150-157.

Dalman, 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT Rafika Aditama

Puspitasari P.D. dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write dalam Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Dengan Media Cetak. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 6(1): 3.( https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/12236) diakses 24 November 2023

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.26565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mokhamad Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: