Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Film Pendek Terhadap Kemampuan Bernegosiasi Siswa Kelas X SMKN 1 Kamal

Fenia Reswanti, Albitar Septian Syarifudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam kemampuan bernegosiasi siswa kelas X SMKN 1 Kamal dikarenakan siswa kurang dalam bernegosiasi dan siswa hanya difokuskan pada keterampilan menulis saja. Siswa mengalami kesulitan mengungkapkan pendapatnya ketika ingin melakukan negosiasi dikarenakan tata bahasanya yang masih bercampur dengan bahasa daerah sehingga berdampak pada keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bernegosiasi siswa dan pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan film pendek terhadap kemampuan bernegosiasi siswa kelas X SMKN 1 Kamal. Penelitian termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Data dalam riset berikut diperoleh melalui hasil tes performansi siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, yakni hasil kemampuan bernegosiasi siswa menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mengalami peningkatan. Kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 68,52 menjadi 77,21 sedangkan kelas eksperimen 73,52 menjadi 84,47. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung 3,330 > ttabel 2,120 dengan taraf signifikansi 0,05 yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan film pendek terhadap kemampuan bernegosiasi siswa kelas X SMKN 1 Kamal.

Keywords


film pendek, keterampilan berbicara, model role playing, negosiasi

References


Tarigan, H.G. (2013). Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa. Komariah, P.D. (2021). Bahasa Indonesia Kelas X. Cilacap: Erlangga. Nurfadhilah, S. (2021). Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak.

Wahyuni,R., Utami,C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing terhadap Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), Halaman 81-88.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.26610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fenia Reswanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: