EFEKTIVITAS PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN ASPIRASI KARIER REMAJA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA

Dwi Hilda Sulistianingsih, Andik Matulessy, Rr. Amanda Pasca Rini

Abstract


ABSTRAK

Pelatihan efikasi diri adalah salah satu metode intervensi untuk meningkatkan aspirasi karier siswa dan siswi SMKN 1 driyorejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap aspirasi karier siswa siswi SMKN 1 driyorejo ditinjau dari pendidikan orang tua dan melihat perbedaan tingkat aspirasi dan melihat perbedaan tingkat aspirasi karier ditinjau dari pendidikan orang tua. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa SMK kelas XI untuk try out. Subyek yang mengikuti pelatihan efikasi diri sebanyak 30 orang terdiri dari 10 ramaja dengan pendidikan orang tua tinggi, 10 orang dengan pendidikan orang tua menengah dan 10 orang dengan pendidikan dasar. Alat ukur asprasi karier pada penelitian ini berdasarkan aspek aspirasi karier harlock (1987) dengan nilai reliabilitas 0, 902 denga koefisien korelasi bergerak dari 0,321 hingga 0,693. Analisa data menggunakan analisis statistik parametrik uji anaysis of variance dengan nilai sig = ,648, sehingga dapat disimpulkan tingkat pendidikan orang tua tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap aspirasi karier remaja setelah diberikan pelatihan efikasi diri. Hasil posttest 1 ke posttest 2      dengan nilai sig, 0,000 (P<0,05), artinya pelatihan efikasi diri efektif meningkatkan aspirasi karier remaja.

Kata kunci :  Pelatihan Efikasi diri, pendidikan orang tua, aspirasi karier

 

ABSTRACT

Self-efficacy training is one of the intervention methods for improving the career aspirations of students at SMK 1 driyorejo. This study aims to determine the effect of self-efficacy on the career aspirations of students of SMK 1 Driyorejo in relation to the education of parents and to see the difference in the level of aspiration and to see the different levels of career aspirations in relation to parenting. The subjects in this study were 60 XI class students to try. Subjects who followed the training of self-efficacy as many as 30 people, consisting of 10 ramaja with higher educational attainment of parents, 10 with secondary education and 10 elderly with basic education. Measuring career inspirations in this study on aspects of career aspirations harlock (1987) based on the reliability value of 0, 902 terrain moving correlation coefficients of 0.321 to 0.693. The data were analyzed by means of parametric statistical analysis of variance test anaysis with sig = 648, so that they can be closed to the education level of the parents, have no significant impact on the career aspirations of young people after training is self-efficacy. Score 1 to Night Test Night 2 with sig, 0.000 (P <0.05), meaning that self-efficacy training can effectively enhance teen career aspirations.

Keywords : Self-efficacy training, parent education, career aspirations

Keywords


Pelatihan Efikasi diri, pendidikan orang tua, aspirasi karier, Self-efficacy training, parent education, career aspirations

References


Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Candra Yasrial, Rafiolla Ryan Hidayat. Streotype gender tingket aspirasi karir siswa berjenis kelamin perempuan serta upaya penenganan dalam perspektif konseling. (2017). Dalam jurnal ; International seminar on education 2017 empowering local wisdom on education for global issue. Guidance and conseling departemen, STKIP PGRI sumatra barat, indonesia.

Dwi Febriani, Rahmi dkk, Perbedaan Aspirasi karier siswa ditinjau dari jenis kelamin, jurusan dan tingkat pendidikan orang tua serta implikasinya terhadap pelayanan bimbingan dan konseling. (2016). Dalam jurnal Konselor Volume 5 no.3 halaman 160-171

Dwi Utami, Yudi Ganing dan Hudaniah (2013), Self Efficacy Demean Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Vol.01 No.01 Januari 2013, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Faridah, N. (2014). Hubungan Antara Aspirasi Karir Dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK Walisongo 1 Gempol Pasuruan (Tesis, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Gutman, L. M., & Akerman, R. 2008. “Determinants of Aspirations”. Research Report. Leading Education and Social Reaserch: Institute of Education University of London.

Hurlock, E. B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti & Soedjarwo. 2009. Jakarta: Erlangga.

Latif, abdul, dkk. (2017). Hubungan perencanaan karir dan efikasi diri dengan kesiapan kerja mahasiswa. Universitas negri padang.

Nurhayati, Entin. Kesenjangan aspirasi karier antara remaja dan orang tua. (2012). Jurnal Psikologi Ulayat, Edisi I/Desember 2012, hlm. 37–44. Fakultas Psikologi universitas Yarsi.

Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 17 tahun 2010,

http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP17-2010. Lengkap.pdf. Diakses tanggal 30 April 2018

Sari, K. 2014. “Kontibusi Self-Efficacy dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Tingkat Aspirasi Karier Siswa”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: FIP UNP.

Sari, M. I. 2015. “Aspirasi Pendidikan Lanjutan dan Pekerjaan Siswa Sekolah Menengah Atas”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: FIP UNP.

Sofyan, A. 2013. “Tingkat Aspirasi Karir Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Tempat Tingggal (Penelitian di SMAN 1 Megang Sakti dan SMAN 1 Kota Lubuk Linggau)”.Tesis tidak diterbitkan. Padang: FIP UNP.

Suharsimi Arikunto. (2006). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tri lestari, wigati. dalam Jurnal Relationship between elf efficacy with career maturity at the end college student. (2012). Universitas Ahmad Dahlan.

Triyono. 2016. Kontribusi dukungan Orangtua Terhadap Tingkat aspirasi pendidikan lanjutan.Jurnal STKIP PGRI Sumatra Barat.

Wahyono, Tekad. Peningkatan Kesiapan kerja Melalui Pelatihan Efikasi Diri dalam Bidang Pekerjaan pada calon tenaga Kerja. Jurnal Psikologika Nomer 18 tahun IX Juli 2004 Universitas Wangsa Manggala.

Widiastuti, Nunik. (2017). Aspirasi karier siswa SMA berdasarkan status sosial ekonomi dan Gender. Indonesia Journal Of Educational Counseling. Departemen psikologi pendidikan dan bimbingan, Universitas pendidikan Indonesia.

Widyaningrum, Dian dan D. Hasstjarjo. Pengaruh Bimbingan karier terhadap efikasi diri dalam pengambilan keputusan pada siswa. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (2016) Volume 2, No. 2.

Yusuf Syamsuri (2009). Eksplorasi karir siswa SMA Negri 3 Payakumbuh ditinjau dari tingkat efikasi diri. Jurnal UNP. Volume 22.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v10i1.5666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.