Pengembangan Website Sekolah Dengan Fitur Ekstrakurikuler pada SDN Tegalrejo Tuban

Zhunanda Ayu Regita

Abstract


Website merupakan sarana media internet yang berfungsi untuk menampilkan, memperkenalkan suatu informasi yang sedang dibutuhkan. Keberadaan website sekolah sangatlah penting untuk menyebarkan informasi yang dibutuhkan bagi sekolah, guru, dan masyarakat. Dengan adanya website maka informasi dapat dikelola dengan mudah oleh sekolah. SDN Tegalrejo Tuban merupakan salah satu sekolah Negri di Kabupaten Tuban, Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan terdapat permasalahan pada sekolah tersebut yaitu sekolah belum mempunyai website resmi untuk mempromosikan atau memperkenalkan sekolah pada masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengembangan website sekolah dengan fitur ekstrakurikuler pada SDN Tegalrejo Tuban. Penelitian ini menggunakan model pengembangan waterfall dengan empat tahapan dalam pengembangannya. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan website dengan fitur ekstrakurikuler yang telah memenuhi beberapa aspek kualitas dari ISO 25010 yang telah diuji coba oleh ahli sistem dan pengguna umum yakni Functional Suitability yang mendapatkan presentase 100% dan dinyatakan dalam kategori sangat baik, portability yang mendapatkan presentase sebesar 100% dan dinyatakan dalam kategori sangat baik, Performance Efficiency yang memiliki rata-rata kecepatan 1,7 s yang masuk dalam kategori sangat baik, dan aspek usability yang mendapatkan presentase sebesar 83% yang dinyatakan dalam kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan penelitian tentang pengembangan website sekolah dengan fitur ekstrakurikuler berjalan sebagaimana seharusnya.

 


Full Text:

PDF

References


Aini, N., & Wijaya, E. Y. (2022). Implementasi algoritma fisher-yates pada pengacakan soal goalpro education game. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 8(2), 147-156.

Ghofur, &, N. (2017). Analisis Kualitas Sistem Informasi Kegiatan Sekolah Berbasis Mobile Web Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 94–101. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16426

Hidayatulloh, N. W., & Dellia, P. (2023). Integration of Social Media in Website Based School Information System. Sistemasi, 12(3), 821. https://doi.org/10.32520/stmsi.v12i3.2979

Khusnia, D., & Riasti, B. K. (2014). Pembuatan Website Profil Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kalitidu Bojonegoro. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 3(1), 1–6. www.smpn1kalitidu.com

Marwan, M. A., Umniati, N., Tjiptanata, R. A., & Budiyarto, R. (2022). Penerapan Metode Rational Unified Process (Rup) Dalam Pembuatan Web Pembelajaran Elektronik Untuk Sekolah Menengah Pertama. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 7(2), 137–146.

Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Sholeh, M. I. (2023). Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Membangun Citra Positif Melalui Manajemen Pendidikan Yang Berkualitas. Tadbiruna, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v3i1.622

Subroto, A. W., Agustina, R. A., Chelsea, F. A., & Anggoro, D. A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Sebagai Sarana Promosi Pada SDN Toso 02. Abdi Teknoyasa, 2(2), 63–66. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v2i2.201

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457