Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Android pada Sistem Operasi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengambangkan media pembelajaran e-modul berbasis android pada materi sistem operasi (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-modul berbasis android pada sistem operasi. Meetode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X jurusan TKJ SMK ASSUBKY, Aplikasi e-modul ini telah di uji cobakan kepada ahli materi, ahli media, dan siswa. pada media pembelajaran yang telah dibuat oleh peneliti. Hasil uji coba yang dilakukan peneliti terhadap beberapa ahli materi dan media. Berikut hasil uji coba ahli materi 1 mendapatkan 90%, ahli materi 2 mendapakan 80% total keseluruhan ahli materi 1 dan 2 mendapatkan 89% ahli media 1 mendapatkan 77,5%, ahli media 2 mendapatkan 87,5% total keseluruhan ahli media 1 dan 2 mendapatkan 89%, uji coba perorangan 84% uji coba kelompok kecil 80%, dan kelompok besar 84%. berdasarkan hasil presentase yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi e-modul memperoleh kualifikasi tinggi sehingga media pembelajaran ini layak digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran (Revisi). PT RajaGrafindo Persada. www.rajagrafindo.co.id
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741
Najuah, Lukitoyo, S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik Prosedur Penyusunan Dan Aplikasi. Yayasan Kita Menulis.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. 1(1).
Ramansyah, W. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Pondok Pesantren Jagad Alimussirry (Anggota IKAPI).
Setyosari, P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. KENCANA. www.prenadamedia.com
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-modul Mata Kuliah StrategiI Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 No 2, 221–230.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). ALFABETA.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Wulandari, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android di SMA Negeri 3 Ngabang. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(1), 21. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics ResearchÂ
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457