Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Sistem Bilangan Kelas X di SMK Al-Asy’ari

Desi Hela Fahdiyanti, Muhammad Afif Effindi

Abstract


Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang menekankan pembentukan individu beriman, bermoral, dan terampil. Peningkatan sistem pendidikan dan ketersediaan sumber belajar seperti modul berbasis android sangat penting untuk mendukung pembelajaran mandiri. Pada pengembangan modul pembelajaran berbasis android ini menggunakan metode pengembangan ADDIE, karena metode tersebut sangat relevan untuk mengembangkan bahan ajar. Modul pembelajaran berbasis android ini menggunakan fitur pendekatan siklus alur MERDEKA dan model pembelajaran PBL. Selain itu modul yang sudah dikembangkan diuji cobakan dengan hasil berikut, Validasi ahli menunjukkan hasil positif: 86,25% dan 96,25% untuk materi, 98,46% untuk media, serta hasil uji coba perorangan, kelompok kecil, dan besar masing-masing 94%, 93%, dan 94%. Observasi di SMK AL-Asyari menunjukkan bahwa modul berbasis teknologi dapat mempermudah pembelajaran mandiri dan meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa.


Full Text:

PDF

References


Halik, F., Tayeb, T., Baharuddin, B., & Ichiana, N. N. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Aritmatika Sosial SMP. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 72. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10965

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Zahara, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 13(3). https://doi.org/10.5281/ZENODO.8186852 Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education,

(01).

Rohman, A., Mustaji, & Fatirul, A. N. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Bilangan Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457