Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multiple Representation Berbantuan Augmented Reality Pada Materi IPA
Abstract
Fisika merupakan bidang ilmu sains yang bersifat abstrak sehingga siswa kesulitan memahami materi. Kesulitan siswa meliputi pemahaman konsep, simbol, rumus, dan menghitung. Hal ini dikarenakan karakteristik pembelajaran fisika berupa kemampuan numerasi. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pengembangan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Multiple Representation berbantuan Augmented Reality untuk meningkatkan numerasi siswa. Materi yang disajikan yaitu Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar angket validasi ahli media, validasi ahli materi, dan angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Multiple Representation berbantuan Augmented Reality memperoleh persentase validasi ahli materi 94% dan validasi ahli media 91% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji respon siswa memperoleh persentase pada uji perorangan 87%, uji kelompok kecil 88%, dan uji kelompok besar 89% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji respon siswa berdasarkan indikator numerasi memperoleh persentase hasil uji perorangan 84%, uji kelompok kecil 87%, dan uji kelompok besar 88%. Hasil respon siswa berdasarkan indikator numerasi memperoleh rata-rata persentase 87% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Multiple Representation berbantuan Augmented Reality dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan numerasi materi Hukum Newton.
Full Text:
PDFReferences
Agusta, I. P. L. A. (2022). Media Augmented Reality untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Kelas V SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 300–308.
Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., Setiakarnawijaya, Y., & Antoro, B. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569.
Jariati, E., & Yenti, E. (2020). Pengembangan E-Magazine Berbasis Multipel Representasi untuk Pembelajaran Kimia di SMA pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 138-150.
Katyagni, E. P., Ekawati, E. Y., & Budiharti, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Apper Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 13(1), 14.
Khaerani, N., Nensi, A. I. E., Prasani, T., & Assagaf, S. F. (2023). Inovasi Steam Learning Melalui Permainan Tradisional Bugis-Makassar Berbasis Augmented Reality sebagai Pelestarian Budaya Serta Penguatan Literasi Numerasi Siswa SMP. Advances In Social Humanities Research, 1(12), 1-11
Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26.
Nasoha, S. R., Araiku, J., Yusup, M., Pratiwi, W. D., & Sriwijaya, U. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Informatika, 4(2), 49–61.
Pardomuan, G. N., & Ristua, Y. (2023). Media Pembelajaran Tepat Guna. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24.
Ramadhan, M. R., Iqbal Najib Fahmi, M., & Mutiara Hasanah, S. (2022). Augmented Reality Visualization through Multirepresentations Approach in Chemistry Based on Qur’anic to Improve Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 197–211.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Socrates, T. P., & Mufit, F. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 97–101.
Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Yogyakarta: Media Akademi.
Suttrisno, S., Habibullah, R., & Ulya, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Math Garden dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Kelas II Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 934-943
Wati, M., Mahtari, S., Ramlah, & Misbah. (2020). Studi Kemampuan Representasi Siswa Pada Pokok Bahasa Hukum Newton. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 1–6.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457